Sistem Pendidikan Dimasa Mendatang

Diposting oleh chairil muhsin laskar senja
Senin, 07 September 2009


Masa mendatang?
Hem..........
Kemajuan akan mendominasi bagian dari hidup kita baik di negara berkembang maupun dinegara yang sudah kelewat maju. Seperti halnya masalah pendidikan, mungkin di era sekarang masih banyak sistem-sisten pendidikan yang bersifat formal, artinya kalau mengenyam pendidikan harus berada di dalam gedung-gedung yang dibatasi sekat tembok yang kokoh dan kuat. Itu untuk di era sekarang, namun nampaknya sistem seperti ini banyak kendalanya daripada manfaatnya, seperti sistem formal cenderung membosankan. Kenapa bisa begitu? ya karena kita terutama pelajar dituntut untuk selalu menerima pelajaran dengan baik, akan tetapi prioritas pelajaran bukan hanya satu namun banyak sekali pelajaran yang harus dipelajari dalam satu hari, bayangkan, otak yang punya memori kecil pasti tak sanggup menerima kungkungan materi yang segitu seabrek-abrek. Pada dasarnya guru tidak mau tahu yang penting paham tidak paham semua siswa harus mengikuti pelajaran itu sampai selesai. Bahkan ironisnya tempat belajar yang seharusnya tercipta untuk meningkatkan efisiensi pengetahuan pelajar, malah berbanding terbalik, suasana yang tidak mengenakkan, membuat semua siswa tampak lesu, malas, hunian yang nyaman bisa dikatakan seperti neraka, nah itulah konsepnya. Kenapa sistem yang ada di Indonesia ini tak berhasil dengan maksimal, ya karena itu sistem belajar yang digunakan bersifat memaksa, padahal kehendak siswa maupun mahasiswa itu tidak sama, oleh karena itu pendidikan yang masih serba alami ini sebaiknya segera dirombak untuk mendapatkan kualitas pendidikan yang benar-benar mantap sesuai standart dengan kredebilitas tinggi, smart yang bertanggung jawab.
Menyangkut masalah sistem pendidikan dimasa mendatang, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan:
1. Sudikah para pemimpin negeri ini untuk merombak sistem pendidikan yang agak dramatis ini?
2. Sistem pendidikan masa depan adalah dimana sistem pendidikan yang bersifat informal. Kendalanya sosialisasi dengan guru kurang bahkan tidak sama sekali.
3. Pengetahuan yang dibahas begitu banyak jadi bersifat global, kendala yang dihadapi, harus komitmen dalam mengawali pendidikan ini sebab silabus internet contohnya makin bersemarak, membuat kita malas berfikir, budaya copy paste yang tak bertanggung jawab, membuat para pembimbing harus lebih intensif mengadakan pengecekan apakah itu hasil kerjaan sendiri atau jiplakan dari hasil karya orang lain.
Sistem pendidikan dimasa mendatang diwarnai dengan adanya pendidikan ON-LINE di internet, basis ini berevolusi pada keaktifan anggota member yang menyatakan dirinya mengambil sekolah berbasis ON-LINE di internet. Bukannya tanpa masalah, tapi gejolak awal adalah baru merebaknya internet yang mengecambah di masyarakat, terus belum juga ada data-data konvensional tentang sekolah-sekolah yang berbasis ON-LINE di internet. Mungkin sistem pendidikan ini akan mulai menggembirakan diera mendatang, saat ini pengaruh sekolah formal masih relevan tinggi, untuk itu ya bisa disadarilah negara kita masih butuh kebangkitan untuk berjuang menanggapi kemiskinan, Insya Allah kalau program pemerintah dalam upaya memberantas kemiskinan berakhir ,maka sistem pendidikan di Indonesia akan menjadi lebih baik dan diterima dalam dekade Internasional.
Salam Penulis
Chairil Muhsin

Posting Komentar

eits jangan di close dulu, tinggalin pesan dung buat aku...!!!!

Blogger Template New Plus Blue

Designed by : Edo Pranata XML Coded by : Edo Pranata