Rahasia Menjadi Bintang di Sekolah

Diposting oleh chairil muhsin laskar senja
Minggu, 01 Agustus 2010


Pumping Student


A. Pengertian Pumping Student
  P
umping student merupakan alat pendekatan bagi pelajar dalam belajar melalui kemampuan memahami diri dan mengoptimalkan fungsi anugerah manusiawi (pancaindera, otak dan hati) yang mendukung proses belajar yang dilakukan disekolah maupun diluar sekolah. Pumping student tidak hanya di tujukan bagi siswa atau murid saja, tetapi buat kamu yang memosisikan diri sebagai pembelajar sejati, teman, mitra kerja, adik-adik atau pacar kamu. Pumping student merupakan jembatan menuju kesuksesan dan menjadikan hidup lebih baik. Pumping student didedikasikan bagi siapa saja yang ingin bersemangat dalam hidup untuk menjadi manusia terdepan dalam poses belajar. Pumping student adalah panduan bagi yang ingin menemukan jati diri, menjadi sosok pribadi berkualitas dengan memahami kompetensi diri, memiliki kompetensi belajar  dan memiliki pusat pengaruh serta senantiasa termotivasi dalam proses belajar yang dijalankan.
B. Menjadi Sang Bintang
        Siapa sih didunia ini yang enggak mau jadi jawara, baik itu dirumah, di sekolah, di kantor, di masyarakat ataupun dimana saja, tentunya semua orang pengen dong, tak terkecuali kamu yang lagi baca  artikel ini iya kan? ayo ngaku. Sebenarnya untuk menjadi sang bintang bukan hal yang mudah lho fren... karena ada 4 hal yang penting kamu ketahui, mmm sabar fren... pengen tahu ya... baca selanjutnya yuk..... hehehehehe ini dia:


        1. Melakukan perubahan untuk menjadi diri sendiri (to be process).
        2.Melakukan proses belajar sebagai cara memperbaiki diri secara terus menerus. Ada 4 hal penting dalam proses belajar: sikap mental, pengetahuan, kemampuan mempraktikkan dan keahlian.
        3.Memfungsikan lingkaran prestasi yaitu: pikiran terbuka-keyakinan- pola pikir- proses- pribadi prestasi.
        4.Menjaga dan memelihara kualitas diri dalam 5 hal utama: kualitas iman dan taqwa- kualitas jasmani dan rohani- kualitas studi dan karier- kualitas harmonisasi keluarga- dan kualitas hubungan sosial.
C. Tentang Belajar
        Sadarilah fren kamu adalah pribadi yang terbaik, makanya itu pribadi yang baik itu harus mengerti gimana sih cara-cara belajar yang baik itu. Nah pasti kalian penasaran kan dengan apa yang ku ungkap disini, ok deh simak yuk.
        a. Memompa Kualitas Belajar
                Gimanapun  juga sebuah ilmu itu perlu digali sedalam-dalamnya fren, untuk itu berbagi fikiran itu penting, bahkan jauh lebih bermakna daripada mempertahankan persepsi yang belum tentu jelas maknanya. Dalam pengertian konsep modern belajar merupakan suatu proses perbaikan diri terus menerus dari individu sehingga memiliki sifat terbuka dengan masukan baru, mampu mencari solusi dari setiap permasalahan, mempunyai mindset colaboration, belajar dari kesalahan, siap menghadapi resiko dan mempunyai daya respon yang tinggi terhadap sesuatu hal yang baru.
        b. Efektivitas belajar
                Terdapat tiga hal yang mempengaruhi efektivitas belajar seseorang, yaitu kebutuhan, motif dan motivasi. Dengan memahami perbedaan ketiganya, kalian akan dapat menemukan gaya dan cara belajar menjadi lebih efektif dan terfokus pada mimpi atau tujuan hidupmu. Efektivitas dapat dicapai apabila dilakukan secara terfokus. Artinya, kamu diharuskan memilih langkah awal sebagai proses. Dengan begitu kamu juga akan menentukan hasilnya. Terus kenapa kesuksesan perlu dikelola? sebab kesuksesan cita-cita kebanyakan tidak dapat dibeli dalam satu waktu, melainkan melalui proses bertahap dikelola secara rapi.
        => Proses Belajar
        Proses Belajar merupakan serangkaian tahapan aktivitas belajar yang berlangsung yang berorientasi pada hasil sukses. Proses belajar dapat terlaksana dengan baik apabila dilengkapi dengan empat hal, yaitu sikap mental, pengetahuan, kemampuan mempraktikkan, dan keahlian.
        => Lingkaran Kualitas
        Secara kerangka berfikir, kualitas belajar sang bintang  dapat dilalui melalui 4 tahapan yaitu: pikiran terbuka, keyakinan, pola pikir, proses, dan pribadi prestatif. Jangan berharap menjadi pribadi yang berkualitas apabila kamu tidak pernah berprestasi dengan menghasilkan output belajar yang baik. Jangan berharap prestasi belajar kamu ok apabila proses yang kamu lakukan tidak berkualitas. Jangan harap proses belajar kamu berkualitas apabila cara pandang atau pola pikir kamu terlalu sempit. Dan jangan harap pola pikirmu baik apabila kamu tidak didorong dengan keyakianan kuat menjadi sang bintang.
        =>Pikiran Terbuka
        Dengan pikiran terbuka, kamu akan lebih mudah untuk menyerap ilmu, pengetahuan  dan pengalaman orang lain sebagai buah pelajaran hidup. Pikiran terbuka diibarakan ember kosong yang siap menampung apa saja, perlakukan diri kamu sebagai orang yang selalu membutuhkan ilmu dan latihlah pribadi sebijaksana mungkin. Lakukanlah metode relaksasi di bawah ini untuk membuat kamu tenang sehingga pikiranmu menjadi terbuka.
METODE RELAKSASI
=:> Saat kamu akan memulai belajar, cobalah duduk dalam posisi yang nyaman , punggung tegak dan tidak ada bagian tubuh merasa di paksa dalam posisi tidak wajar yang dapat menimbulkan sakit. Kendurkan seluruh tubuh, otot dan bagian persendian yang sering dirasa tegang. Katakan dan ajak tubuhmu berkomunikasi untuk lentur dan lemas. Katakan secara lembut dan ajaklah tubuh kamu bekerjasama, pejamkan matamu. Nikmati seluruh rasa yang mampu kamu rasakan, ingat jangan sekali-kali kamu berpikir atau menghayal sesuatu yang aneh-aneh lho... kamu cukup berdiam diri, menyamankan, dan membiarkan terhadap apa saja yang datang dan pergi dari pikiranmu. Santai, rileks dan tenang. Rasakan tiap bagian tubuh dengan seksama, bagian demi  bagian. Bernapaslah dengan santai dan tarik napas panjang sampai terasa di bagian perut. tahan sejenak , kemudian embuskan secara perlahan, melalui hidung dengan embusan panjang, santai dan tenang. lakukan penarikan napas dan pengembusan ini terus menerus sampai kamu lebih rileks dan lebih ringan. Jika tubuhmu telah siap kamu dapat memulai aktivitas belajarmu.
        d.Keyakinan
        Tanamkan keyakinan mendasar dalam sanubarimu "Aku harus berhasil, aku yakin allah akan meridhoi keyakinanku, jika allah sudah bersamaku, siapa yang berani menghalag-halangiku". Tanpa sebuah keyakinan proses belajar apapun yang akan kamu praktikkan  tidak akan berjalan sempurna. Tanpa keyakinan yang kuat, kita akan mudah menyerah atas apa yang akan kita perjuangkan.
+> Keyakian Diri dan Allah
Segala sesuatu yang sudah menyusun tubuhmu merupakan kesempurnaan diri yang kamu miliki tanpa harus membandingkan lagi dengan orang lain. kenali kepribadianmu, bersabar, bersukurlah atas apa yang telah kamu miliki. Kembangkan fisik mental emosi dan spiritulitasmu melalui kekuatan hati. Latihlah ketajaman hati dan kendalikan kemarahan serta nafsumu.
+> Pola Pikir
Kamu dikatakan memiliki kualitas pola pikir yang baik apabila kamu mampu menyeimbangkan anugerah manusiawi (panca indra, otak dan hati) gunakan 3 konsep VOSTA (vision, objektive, strategic, tactic dan action), SMART (specific, measurable,attainable, rational dan time oriented), dan SWOT (strange, weakness, opportunities dan treat).
+> Kualitas Diri (self quality)
        1. Kualitas Iman dan Taqwa
        -Rohani yang terkendali, bersikap jujur pada diri sendiri dan orang lain, mempunyai disiplin yang tinggi, memiliki iman atau spiritual yang kuat.
        2. Kualitas Kesehatan Jasmani dan Rohani
        -Fisik yang sehat, hidup hemat sehat dan bersahaja, belajar dan bekerja lebih giat dari sebelumnya.
        3. Kualitas Studi dan Karier
        -Lulus dengan nilai terbaik bagi diri sendiri, mencintai karier, masuk sekolah atau instansi yang mampu mewujudkan cita-cita, mempunyai spesialisasi keahlian, memiliki semangat dan kepribadian sejati dalam kompetensi belajar.
        4. Kualitas Harmonisasi Keluarga
        -Memiliki kualitas kepemimpinan yang baik, memiliki hasrat menjadi figur yang diteladani, mempunyai pasangan hidup yang mendukung impian dan cita-ciita di masa depan.
        5. Kualitas Hubungan Sosial
        -Memiliki kepekaan sosial yang tinggi, berinteraksi secara wajar dan  bermanfaat.
D. Mengenal Pusat Kecerdasan Manusia
A.PUSAT KECERDASAN
a. Pusat kecerdasan yang perlu kamu ketahui fren!!!!!!!
-Otak kamu memiliki otak dengan 100 miliar sel aktif otak yang selalu siap digunakan dalam berbagai prose belajar.
-Kamu memiliki otak yang memiliki kemampuan 100 kali lebih baik dibandingkan komputer tercanggih saat ini.
-Kamu memiliki sel-sel penglihatan / mata yang mapu mendeteksi dan membedakan lebih dari 10 juta warna.
-Kamu memiliki jantung yang otomatis selalu berdetak 100 ribu kali dan mampu memompa 1.500 galon darah dalam sehari.
b. Otak Manusia
Data-data  akurat mengenai otak:
-Berat       =1,52-2 kg
-Komposisi = 78% air, 10% lemak, 8% proteindan 4 % zat lainnya.
-Energi    = 20 % energi tubuh
-Memiliki   = 100 miliar neuron, 1 triliun sel glial, 100 triliun titik sambung sinaptik dan 280 kuintiliun memori.
Otak dapat belajar dari sebuah masalah lingkungan selanjutnya menemukan semua teka-teki kehidupan seseorang. Otak akan bertambah cerdas apabila diasah, dilatih dan diberi suplemen vitamin problematika kehidupan. Kamu dapat melatih kemampuan otak agar sel-sel otakmu terus berkembang dengan melakukan aktivitas seperti berolahraga, membaca, bermain teka-teki, brain gym, senam muka, dan mengerjakan persoalan logika misalnya matematika.
Cara Mengoptimalkan Otak:
+>Olahraga dan gerakan-gerakan tubuh:
-Gerakan sebelum, ketika dan sesudah melakukan proses belajar.
-Meregangkan tubuh, menggerkkan tangan secara halus seperti mencoret, menggambar dsb, menggerak-gerakkan kaki, mendengar kuliah sambil mencatat atau belajar sambil mendengarkan lagu.
-Melakukan olahraga secara rutin, terlibat dalam kegiatan seni, dan sebisa mungkin untuk meluangkan waktu di alam bebas.
+>Makanan-makanan  yang perlu kamu konsumsi:
-Saran Carper dalam bukunya Top Ten Strategies:
        -Makanlah multivitamin, makanlah vitamin antioksidan dengan kadar  yang tinggi
        -Minumlah teh, hindari makanan berlemak, banyak mengkonsumsi ikan laut, konsumsilah suplemen yang memacu kinerja otak, hati-hati makanan berkadar gula tinggi, jagalah fisik dengan olehraga yang rutin.
c. Hati (bagian yang suci)
Kecerdasan yang dihasilkan oleh hati bersifat tidak terbatas. Hati yang mampu menghasilkan kecerdasan seperti itu hanyalah hati yang bersih dan suci. Hati yang bersih sama seperti cermin yang bening dan terang. So setiap kita bercermin akan tampak wajah binar penuh cahaya.
1. Ada beragam aktifitas yang dapat kamu praktikan dalam upaya menjaga kebersihan hati.
        -Lakukan aktivitas yang tidak bertentangan dengan hati nuranimu, berbuatlah kebajikan tanpa mengharapkan sebuah balasan.
        -Tidurlah lebih cepat dan bangun lebih awal, refleksikan dirimu setiap saat khususnya saat merasa diri tak berarti atau merasa sombong karena berlebih.
2. Suplemen Pembersih Hati
        -Makan dan minumlah sesuatu yang halal dan baik bagi tubuh, menghindari makanan dan minuman yang meragukan kehalalannya.
        -Berdzikirlah setiap saat, khususnya saat perasaanmu tak menentu, bahagia, bingung atau nelangsa.
B. EMPAT FUNGSI KECERDASAN
a.Fungsi Pengindra
=?Lebih terfokus dalam pencapaian target belajar yang didinginkan, mampu melakukan aktivitas yang sama berulang-ulang dengan cepat dan akurat.
=?Dapat beradaptasi dengan lingkungan yang baru, tempat belajar dan orang-orang yang baru dikenal, sosok yang cerdas, disipplin ,dan taat peraturan-peraturan.
b. Fungsi Intuisi / Otak Kanan
Ciri-ciri: pikirannya cenderung dipenuhi dengan fantasi, cerita-cerita fiktif dan legenda. Lebih mudah belajar bahasa, sastra dan bahasa. Orang intuitif gemar dan menyukai materi-materi yang rumit , seperti fisika, matematika, ekonomi atau bahasa. perilaku orang intuitif cenderung: pembosan, gampang gelisah ketika mengerjakan pekerjaan-pekerjaan rutin, ketika belajar  Materi-materi tertentu membutuhkan data-data yang akurat. Ia memiliki optimisme dan rasa antusiasme yang tinggi.
=?Cerdas dalam membuat atau menemukan sebuah gagasan mengenai berbagai hal, mampu merenovasi dan mengimprovisasi pekerjaan apapun menjadi lebih menyenangkan dan lebih bermutu.
=?Terfokus mencari solusi terbaik pada saat mengalami masalah, mampu menyimpulkan sesuatu dibalik peristiwa atau pengalaman dimasa lalu.
c. Fungsi Berfikir / Otak Kiri
Ciri-ciri: Umumnya bekerja atas dasar logika, objektivitas dan analisis. Kamu yang memiliki dominasi fungsi berfikir terlihat tampak dingin, jarang menampakkan emosi, kurang tertarik pada perasaan orang lain, kadang tanpa disadari menyakiti orang lain, senang menganalisis sesuatu, memutuskan sendiri, berhati keras, kurang memperhatikan keingiinan orang lain.
=?Kamu tergolong cerdas, cenderung berfikir sistematis, membuat rencana, menyusun skala prioritas, dan bertindak dengan sistem yang ada. Dapat menganalisis dan memecahkan sebuah permasalahan besar berdasarkan data dan fakta yang akurat.
=?Cara belajar kuat membangun sistem dan prosedur yang berlaku dikeluarga. Dapat membuat oranglain tertarik sehingga membuat mereka memiliki rasa kepentingan yang sama denganmu.
d. Fungsi Perasa
Ciri-ciri: cenderung memiliki perhatian besar terhadap oranglain, mudah mengerti perasaan orang, membutuhkan harmonisasi, berusaha menghindari konflik dengan orang lain, merasa sulit menerima kritik, dan mudah setuju dengan pendapat oranglain. empati, pandai membawa diri, dan mudah bekerjasama dengan oranglain.
=?Kamu tergolong cerdas dalam mengelola emosi untuk meningkatkan efektivitas belajar dan kekompakan tim belajarmu. mudah berkomunikasi dengan orang lain.
=?Dapat memberikan motivasi dan dorongan untuk kemajuan oranglain. Dapat dipercaya untuk membina hubungan dan kepercayaan sebuah kelompok.
C. DELAPAN KECERDASAN
a. Kecerdasan Interpersonal
Ditandai dengan:
-Mampu membina hubungan berkelompok, mampu berinteraksi dengan orang lain, mampu menjalin hubungan dengan orang lain dengan berbagai cara.
-Memiliki kemampuan mempengaruhi pendapat atau tindakan oranglain, mampu bertahan dalam situasi apapun, suka mengamati perasaan, pikiran, perilaku, dan gaya hidup oaranglain.
-Mampu berkomnuikasi baik secara verbal maupun non verbal, mampu menjadi sebagai penengah dalam suatu masalah, memiliki kepekaan terhadap persaan dan mental oranglain.
-Biasanya tertarik pada bidang kerier: pengajar, instruktur, konseling, manajemen, dan tokoh politik.
b. Kecerdasan Intrapersonal
Ditandai dengan:
-Kamu menyadari dan memahami emosi ada pada dirimu dan orang lain, lebih suka mengungkapkan perasaan dan fikiran, dapat mengembangkan konsep diri dengan baik, termotivasi oleh tujuan yang telah ditetapkan. Menyukai hidup yang teratur dengan sistem nilai-nilai dan etika, menyukai belajar dan  hidup mandiri.
-Tertarik pada filosofi hidup, tujuan dan hubungannya dengan kondisi sekarang, memiliki kemampuan belajar secara kontinu dan berkelanjutan, mampu menyelami persoalan hidup dengan baik.
-Menyukai karier sebagai: pelatih, konselor, filosof, psikolog, atau jalur yang berhubungan dengan dunia spiritual.
c. Kecerdasan Logical Matematic
Ditandai dengan:
-Tertarik mengamati objek yang ada dilungkungan dan mengerti fungsi objek tersebut, mengenal dan mengerti konsep jumlah, waktu, dan prinsip sebab-akibat, suka membuat rencana liburan atau perjalanan bisnis secara detail dan sempurna, suka pada tantangan yang membutuhkan pemikiran keras, atau permainan yang menuntut logika yang sistematis.
-Mudah menemukan kesalahan pada pekerjaan, perkataan, perbuatan orang lain secara logika, gemar pada subjek sains dan metematika.
-Lebih tertarik pada bidang: teknik elektro, teknik mesin, komputer, hukum, dan akuntansi.
d. Kecerdasan Linguistik
Ditandai dengan:
-Mampu mendengar dan merespon secara verbal, mampu menirukan suara, mempelajari bahasa asing, membaca dan menulis karya sastra, cenderung belajar melalui pendengaran, bahan bacaai atau tulisan dan diskusi.menjadi pendengar yang efektif, cepat mengingat seuatu yang didengar, mampu beradaptasi dan menguasai bahasa daerah lingkungan baru, memiliki selera humor yang baik.
-Lebih tertarik pada karya seni, jurnalistik dan fotografi
e. Kecerdasan Naturalis
Ditandai dengan:
-Sangat tertarik menjelajahi lingkungan dan alam bebas, suka mengamati, mengenali, berinteraksi atau peduli pada objek tanaman atau hewan. Mampu menggolongkan objek sesuai dengan karakteristiknya, mampu mengenali pola dan kebiasaan dari setiap mahluk hidup.
-Mampu menggunakan berbagai peralatan seperti komputer, mikroskop dan teleskop, terfokus pada flora dan fauna, penyayang hewan dan tanaman.
-Tertarik  pada bidang: biologi, kimia botani,dan bidang lain yang berhubungan dengan alam.
f. Kecerdasan Visual Pasial
Ditandai dengan:
-Menyukai belajar dengan melihat atau mengamati wajah, objek, bentuk dan warna. Mengenali sebuah keadaan dan solusi pemecahannya, mudah mengingat gambar-gambar, menyukai belajar dengan grafik, peta, diagram, suka mencoret-nyoret, menggambar, dan melukis, menyukai pewrmainan tiga dimensi, memiliki kemmapuan imajinasi yang baik, mampu melihat secsuatu secara perspektif dan berbeda dengan oranglain, mampu menciptakan representasi berupa karya secara visual.
-Lebih tertarik pd bidang: arsitek, desainer, pilot, perancang, dan bidang lain yang mengeksplorasi kemampuan visual.
g. Kecerdasan Kinestetik
Ditandai dengan:
-Cenderung menyentuh dan bermain-main dengan suatu objek yang dipelajari, memiliki koordinasi fisik dan ketetapan waktu yang baik. Menyukai belajar sesuatu yang melibatkan diri secara langsung. Lebih cepat mengingat sesuatu yang dialami daripada yang dilihat maupun yang didengar. Menyukai pengalaman belaja langsung, seperti praktik lapang, role play, permainan dan gerakan fisik. gemar berolahraga dan menari.
-Lebih tertarik pada bidang: artis, atlet, penari, dokter bedah, olahragawan, penemu, ahli permata, atau perhiasan dll.
h. Kecerdasan Musikal
Ditandai dengan:
-Cenderung menyukai musik dan suara alam, mudah memahami dan mengartikan syair yang terkandung dalam lagu atau musik, gemar mengoleksi kaset, CD ataupun poster artis atau grup band favorit, memiliki kemampuan bernyanyi atau bermain alat musik dengan baik, dapat mengimprovisasi suara dan syair lagu, mampu menciptakan komposisi lagu, mampu menilai dan mengkritik lagu dan musik.
-Tertarik pada bidang: penyanyi, pemusik, produser, guru musik, konduktor atau teknisi alat-alat musik.
D. EMPAT GELOMBANG KECERDASAN
Ada 4 gelombang yang mempengaruhi denyutan otak yaitu: gelombang alfa, beta, tetha dan delta. 
·                    Gelombang Alfa adalah kondisi terdalam yang mewakili suara batin, dengan denyutan otak 7-14 siklus perdetik, dengan masuknya gelombang ini kamu mudah berimajinasi dan dalam keadaan rileks.
·                    Gelombang Beta adalah gelombang otak pikiran sadar, dengan denyutan 14-30 siklus perdetik, dengan masuknya gelombang ini kamu seperti orang yang waspada atau berjaga-jaga, akibatnya kamu akan berfikir berdasarkan analisis situasi yang kamu rasakan.
·                    Gelombang Theta adalah gelombang dengan denyutan otak 3,5-7 siklus perdetik, dengan masuknya gelombang ini kamu terhanyut dalam lamunan, biasanya terjadi menjelang tidur.
·                    Gelombang Delta adalah gelomabng dengan denyutan otak 0,5-3,5 siklus per detik, gelombang ini masuk saat kamu terlelap dalam mimpi.
 Dari keempat gelombang diatas yang paling baik ya gelombang alfa. Kenapa? Karena gelomabng alfa akan membuat kamu mencapai alam bawah sadar, sehingga kamu mempunyai daya ingat yang kuat dan dapat menyimpan data atau mengingat informasi dalam jangka panjang. Ada 2 cara untuk mengondisikan pikiran pada gelombang alfa yaitu dengan teknik olah napas perut dan penegasan sikap (afirmasi).
>
1. Berdiri atau duduk dikursi dengan posisi punggung tegak, kaki menyentuh lantai dan kedua kaki dibuka selebar bahu.
2. Letakkan kedua tangan dipusat perut dan lemaskan bahu.
3. Tarik napas melalui hidung secara perlahan dan dalam. Tahan dibagian perut. Rasakan bagian bawah mengembang dan sekat rongga dada juga menurun.
4. Pertahankan dada tetap lemas, kemudian embuskan napas secara perlahan dan panjang melalui hidung. Lakukan perlahan dan santai.
5. Ulangi langkah 3 dan 4 sebanyak 18-36 kali.
>
1. Dibuat dan dirasakan saat ini seakan-akan sesuatu itu telah ada dan terwujud.
2. Buat pernyataan positif dan tegaskan keinginanmu, semakin singkat proses afirmasi semakin baik bagimu.
3. Pilih hal yang paling cocok bagi kondisimu, ciptakan sesuatu yang baru dan benar-benar ingin kamu wujudkan.
4. Usahakan jangan bertentangan dengan emosi dan hati nurani, jadikan proses afirmasi menjadi keyakinan yang kuat sebagai sebuah sistem yang dapat memotivasi kemajuanmu.
Beberapa  contoh afirmasi:
# Menerima diri sendiri
Aku sepenuhnya menerima diriku seperti sekarang. Aku mencintaiku diriku sepenuhnya dan menjadi lebih baik seiring berjalannya waktu. Aku menerima perasaan-perasaanku sebagai bagian dari diriku. Aku sangat cantik atau tampan dan penuh kasih sayang. Sekarang aku berniat jadi pribadi prestatif. Atas kesungguhan hati ini adalah ungkapan dari dalam perasaanku. sekarang tibalah saatnya aku mewujudkan impianku.
#Membuka diri menggeser paradigma
Aku yang sekarang adalah laksana saluran terbuka yang dapat menerima energi kebaikan. Ide dan kreativitas mengalir seirama keinginanku menjadi yang terbaik. Aku diciptakan untuk berguna bagi kehidupan. Aku sekarang berkarya seperti keinginanku.
#Cahaya hati bimbingan illahi
Kasih ilahi ada dalam hatiku, bercahaya,dan menyinari kehidupanku. Kasih dan cahaya ilahi sekarang menuntunku untuk membuka mata hati . Cahaya ilahi dalam diriku sedang bekerja menciptakan keajaiban-keajaiban di dalam hati, panca indra, pikiran da karierku.
E. KOMPETENSI DIRI
A. PERILAKU BELAJAR
a. Sanguins
#Perilaku belajarnya cenderung:
-Tidak tampak berkonsentrasi, tidak disiplin dan sulit bertahan dalam proses belajar dalam rentang waktu yang lama.
-Tidak menyukai aktivitas belajar yang bersifat monoton dan rutin, tapi menyukai kesenangan pribadi dan tidak menyukai hal yang rumit-2
#Tipe ini hebat dalam:
-Menghadapi pelajaran yang memerlukan hubungan dengan orang lain secara aktif.
-Mampu menyatakan pendapatnya di depan kelas dengan penuh gairah dan meyakinkan.
-Memiliki perhatian yang labih diantara teman-teman sepermainan.
b. Koleris
#Perilaku belajarnya cenderung:
-Menyukai hasil akhir / target dan tidak menyukai orang-orang yang terkesan lamban atau nyantai.
-Menyukai proses belajar yang cepat dengan cara sendiri
#Tipe ini hebat dalam:
-Menghadapi pelajaran atau proses belajar yang memerlukan keputusan atau tindakan cepat.
-Menjadi sukarelawan dengan tindakan dan pencapaian seketika.
-Memiliki perhatian dan kemampuan mengendalikan yang lebih diantara teman-temannnya.
c. Phlegmatis
#Perilaku belajarnya cenderung:
-Menyukai kemapanan, melakukan hal-hal rutin dan aktifitas dibelakang layar.
#Tipe ini hebat dalam:
-Menghadapi pelajaran atau proses belajar yang memerlukan keputusan atau tindakan cepat.
-Mampumenjadi penengah saat teman sekelasnya berkonflik
-Dapat menenangkan atau meredakan kegaduhan kelas saat pergantian pelajaran.
d. Melankolis
#Perilaku belalajarnya cenderung:
-Mengkhawatirkan kehilangan kendali dalam kebenaran, menjadi mudah curiga dan tertekan.
-Menyukai sesuatu berjalan sesuai aturan, tenang dan terkendali.
#Tipe ini hebat dalam:
-Menghadapi pelajaran yang membutuhkan perincian dan pemikiran mendalam.
-Memiliki pemikiran yang analisis, sistematis dan teliti dibandingkan dengan teman-teman yang lain.
-Mampu menggunakan grafik dan bagan saat beraktivitas.
B. CARA DAN GAYA BELAJAR
a. Visual / penglihatan
Metode belajarnya dengan:
-Menggunakan peta, diagram konsep, bagan, skema, dan grafik
-Film atau video
-Menyoroti gagasan baru dan unik.
b. Auditori / pendengaran
Metode belajarnya dengan:
-Membaca secara dramatik atau puitis
-Merangkum kemudian membaca dengan lantang
-Merekam pelajaran atau kejadian untuk didengar lagi dengan seksama.
c. Kinestetik / rasa / emosi
Metode belajarnya dengan:
-Menulis catatan
-Membaca ulang dengan tenang
-Buatlah atau periksalah tanda-tanda
-Membuat catatan pada kartu-kartu indeks buatan sendiri
-Belajar kelompok
-Bergerak atau berjalan-jalan saat membaca atau mendengar.
C. VISI UNTUK MASA DEPAN
Visi adalah ekspresi makna dari sebua tujuan dan makna hidup pribadi seseorang yang berfungsi sebagai rambu pengatur dalam menilai keputusan atau saaat memilih perilaku diri sendiri.
#Pernyataan visi dan misi haruslah SMART
-Spesifik, pernyataan yang kamu buat harus jelas.
-Measurable, dapat diukur kebenarannya
-Attainable, dapat dicapai
-Rational, harus rasional
-Time oriented, berbatas waktu yang jelas untuk mencapinya
#Proses penulisan dapat dengan pertanyaan berikut:
1. Apa yang perlu dimiliki dan penting bagi kehidupan dan karierku?
2. Apa sebenarnya karier terbaikku?
3. Tokoh seperti apa yang perlu aku teladani?
4. Apa warisan yanga akan ku tinggalkan untuk anak dan keturunanku?
#Visi dikatakan sempurna apabila:
1.Mengekspresikan prinsip-prinsip nilai kehidupanmu, mewakili segi terbaik dalam dirimu, memberikan arah dan tujuan karier.
2.Menantang dan memotivasi semangat, mengilhami diri saat beraktivitas, memberikan ketenangan bagi hidup dan cita-cita.
3. Mengomunikasikan cita-cita, mendekati perubahan yang diinginkan.
#Manfaat dari pernyataan visi:
1. Mendorong berfikiran lebih dalam mengenai hidup, membantu mengintrospeksi fikiran dan perasaan teerdalam.
2. Memperjelas sesuatu yang yang penting bagimu, memperluas perspektif pandangan hidupmu.
3. Memberikan arah dankomitmen pada prinsip-2 dan nilai, membawa kemajuandikemudian hari.
#Menyatakan Visi:
Contoh: Saya bercita-cita  menjadi yang terbaik dalam segala hal, menjadi pemimpin, menjadi pintar, menjadi penemu sebuah alat ynag belum pernah diciptakan orang lain, saya berniat menjadi jawara disegala bidang baik di SMP, SMA maupun di perguruan tinggi dalam kondisi apapun. Saya ingin menjadi orang bijak, untuk itu pedoman yang kupegang adalah belajar dari pengalaman diri, oranglain dan buku yang saya baca. Saya sangat menyukai IT jurusan itulah yang kudambakan kelak saat kuliah, saya ingin membuktikan dengan kemampuan yang ada. Dan cita-cita tertinggi saya adalah memberangkatkan ortu  saya ke tanah suci, insya Allah semoga Allah mengabulkan doa saya Amin!!!!!!!!!!
D. MANAJEMEN DIRI MENGELOLA DIRI DAN BELAJAR MENUJU PRESTASI
Untuk menjadi pribadi efektif lakukan hal-hal berikut:
1. Rencanakan belajarmu secara efektif
2. Gunakan waktu
3. Berfikirlah asertif
4. Bertindaklah objektif

1. Rencana belajar efektif
Buatlah pengelolaan hidup dengan periode waktu dibawah ini:
<1>  Usia 0-20 th adalah masa studi untuk meletakkan tujuan hidup.
<2> Usia 20-30 th adalah masa melengkapi segala kekurangan dan menyiapkan rencana kesuksesan.
<3> Usia 30-40 th adalah masa membangun karier dan awal keberhasilan.
<4> Usia 40-50 th adalah masa mewujudkan visi-misi hidup dan puncak keberhasilan.
<5> Usia 50-60 th adalah masa konsolidasi dan regenerasi.
2. Gunakan waktu
Ada 4 tipe manusia dengan cara memanfaatkan waktunya:
<1> Manusia yang memanfaatkan waktunya dengan menempatkan pekerjaanya pada posisi genting dan penting. Akibatnya ia akan mengalami krisis dan kelelahan fisik akhirnya menjadi stress.
<2> Manusia yang menempatkan waktu dan pekerjaannya dalam posisi penting tapi tidak genting. Tenang dalam bekerja tidak seperti dikejar-kejar oleh waktu. Manusia inilah yang dikategorikan pribadi efektif.
<3> Manusia yang menempatkan waktu dan pekerjaannya dalam posisi tidak penting tapi genting. Akibatnya ia jadi korban keadaan, tidak memiliki sesuatu yang diperjuangkan, terombang ambing akhirnya frustasi.
<4> Manusia yang menempatkan waktu tidak penting juga tidak genting. Inilah manusia yang hidupnya untuk kesenangan semata, ia hanya menyia-nyiakan waktu yang ada dengan percuma tanpa hasil. Pada akhirnya ia akan bingung dan menyesali waktu yang telah terbuang dengan percuma.
3. Berfikir asertif dan terbuka
Tips berperilaku asertif sat menghadapi teman atau oranglain yang bersikap agresif dan menyerangmu sebagai berikut:
@Atur nafas jangan buru2 menyatakan sesuatu, dan bersikaplah tenang. teguhkalah fikiranmu, orang agresif dapat kamu hadapi dengan cara asertif.
@Gunakan pertanyaan-pertanyaan terbuka, siapa,kapan, apa, bagaimana, dimana, yang mana atu pertanyaan lainnya. Sebaiknya jangan bertanya yang bersifat agresif mengapa atau pertanyaan yang menuntut penjelasannya.
E. KOMPETENSI BELAJAR
#Ciri-ciri manusia pembelajar adalah:
-Gunakan uang yang sudah kamu miliki dan belilah apa yang kamu butuhkan.
-Jangan angkuh karena kamu akan membayar mahal atas sikapmu itu.
-Jangan pernah menyesal hanya karena kamu makan lebih sedikit diantara teman dan saudaramu.
-Lupakan kesalahan masalalu, utamakan prestasi yang lebih baik dimasa depan.
-Tunjukkan wajah berseri, tersenyumlah pada semua orang yang kamu jumpai.
-Pergunakan waktumu untuk memperbaiki diri sehingga kamu tidak punya waktu untuk mengkritik orang lain.
-Hiduplah sebagai orang yang terlalu besar untuk cemas, terlalu hormat untuk marah-marah, terlalu kuat untuk kuat, dan terlalu bahagia untuk membiarkan terjadinya kebahagiaan.
#Berpeganglah pada pedoman berikut:
-Nilai waktumu jangan sia-siakan!
-Nilai kegigihanmu jangan mudah menyerah!
-Nikmatilah kerja kerasmu jangan malas-malasan!
-Bangun martabat kesederhanaanmu jangan mempersulit keadaan!
-Begitu berharga watak baikmu jangan bangga dengan kecurangan!
-Hargai budi baikmu jangan masa bodoh dengan segala keadaan!
-Dahulukan panggilan tugasmu jangan menghindari tanggung jawab!
-Mulailah bijak mengatur ekonomi jangan boros!
-Pertahankan kebaikanmu dan kesabaranmu, jangan mudah kesal dan emosi!
-Jagalah kompetensi dirimu jangan pernah berhenti untuk belajar!
#Menjadi pribadi pintar, cerdas dan dewasa
a. Pribadi pintar
Wujud kemampuannya yaitu:
1. Logika matematika, ditandai dengan kemampuan berfikir logis, perhitungan matematis yang cepat, kemampuan memecahkan masalah,pola pikir deduksi dan induksi, dan kemampuan mengenali pola hubungan.
2. Linguistik, yang terlihat kemampuan menulis, membaca, dan komunikasi.
3. Visual, ditandai dengan kemampuan membedakan secara visual, mengenali bentuk dan warna, gambaran mental, manipulasi, duplikasi gambar dari dalam diri maupun dari luar dan kemampuan merencanakan masa depan.
4. Intrapersonal, ditandai dengan, kurang membutuhkan pertolongan oranglain dan lebih suka mandiri.
b. Pribadi cerdas
Wujud kemampuannya yaitu:
1. Interpersonal ditandai dengan kemampuan komunikasi, memahami oranglain, mengerti pikiran, suasana hati oranglain, mampu membina suatu hubungan dengan baik.
2. Musikal, ditandai dengan senang bermain musik, mendengar suara-suara, serta senang membuat bunyi-bunyian.
3. Linguistik, terlihat pada kemampuan menulis, membaca, dan komunikasi.
c. Pribadi dewasa
Wujud kemampuannya yaitu:
1. Intrapersonal, ditandai dengan suka mandiridan kurang membutuhkan pertolangan oranglain.
2. Kinestetik, ditandai dengan kemampuan menggabungkan fisik dan fikiran, suka mempelajari atau mengendalikan gerakan tubuh.
3. Naturalis, ditandai dengan kemampuan mengenali orang, tanaman, hewan, dan benda-benda yang ada disekeliling.
#Optimalisasi Belajar
a. Yakin dan optimis
b. Kelimpahan mentalitas
c. Menggunakan cara belajar dan gaya belajar sendiri
d. Menjadikan belajar sebagai kebahagiaan
#Melatih cara dan gaya belajar pribadi

Kriteria     
Kinestetik
Visual
Auditori
Dominasi
Perasaan  
Penglihatan
Pendengaran
Lirikan mata
Keatas
Mendatar 
Kebawah
Cara belajar
Mempraktikkan
Membaca
Mendengar

Mencoba
Aktifitasfisik Menangani
Bergerak
Menyentuh
Mengalami
Melihat
Gambar
Diagram
Pertunjukan
Menonton 
Ceramah
Kuliah
Diskusi
Debat
Peragaan
Instruksi verbal
#Cara meningkatkan kecerdasan majemuk
1. Strategi belajar untuk kecerdasan interpersonal
Adalah bentuk kecerdasan yang berhubungan dengan oranglain dan lingkungan.
Ada 5 strategi belajar untuk kecerdasan ini:
a. Berbagi rasa dengan teman sekelas ! untuk latihan sederhana ini, buatlah kamu agar kamu bisa bercerita minimal seorang teman setiap minggunya, buatlah temanmu terlibat didalamnya, artinya berceritalah sepenuh hati kepada temanmu dan biasakan bertanya saat guru telah selesai menrangkan pelajaran.
b. Teknik formasi patung. Bila sang guru meminta untuk membuat formasi patung ikutilah dengan senang hati, karena itu sangat membantu mengoptimalkan kecerdasan interpersonalmu.
c. Kerja kelompok. Biasakanlah belajar kelompok, buatlah kelompok belajarmu yang terdiri dari 3-8 orang, dan masing-masing anggota kelompok punya tugas untuk menyumbangkan ide atau gagasan tertentu.
d. Teknik board games. Merupakan permainan yang menggunakan papan seperti permainan monopoli. untuk mempraktikkannya cobalah buat permainannya seperti dibawah ini:
-Buat game papannya dari kertas manila dan gunakan spidol besar untuk menggambar jalur yang harus dilalui oleh pemain.
-Buat sepasang dadu atau penanda dari kayu terserahlah.
-Materi permainan dengan menggunakan pelajaran dari sekolah mulai dari eksak sampai pelajaran yang non eksakta.
-Tempatkan informasi yang harus dijawab pada jalur-jalur yang dilalui.
-Kamu dapat merancang game ini untuk anggota kelompok lakukan dengan santai dan menyenangkan.
e. Simulasi. Adalah teknik yang akan melibatkan sekelompok orang yang serba menciptakan lingkungan seandainya. Misalnya kamu sedang mempelajari sejarah kamu dapat menggunakan kostum era tersebut, dan beraktinglah dengan mengimprovisasikan dirimu di waktu itu.
2. Strategi belajar untuk kecerdasan intrapersonal
Adalah kecerdasan yang berhubungan dengan kemampuan menstabilkan dan mengendalikan emosi dalam diri, lebih memahami dan membawa diri secara seimbang.
#Ada 5 strategi belajar untuk kecerdasan ini:
a. Refleksi. Dengan melakukan perenungan minimal satu menit, jangan berbicara dan bercengkarama dengan teman-teman. tapi akan lebih baik dilakukan pada saat kamu akan tidur atau setelah selesai melakukan ibadah.
b. Hubungan materi pelajaran dengan pengalaman pribadi. Setiap mempelajari pelajaran coba hubungkanlah dengan kehidupanmu, agar kamu lebih mengerti isi dibalik pelajaran tersebut tanpa harus mengulangnya lagi.
c. Teknik waktu memilih. Saat kamu menemukan ksus yang membuatmu harus memilih dan menentukan langkah lakukan saja, jika salah belajarlah dari kesalahan.
d. Momentum mengekspresikan perasaan. Saat tertentu kamu ingin marah, nangis, tertawa, kesal, tertekan atau apalah lakukan saja libatkan seluruh perasaanmu.
e. Perumusan tujuan. Cobalah untuk merumuskan tujuan hidupmu sendiri! buatlah statment untuk mencapai tujuan tersebut, misalnya "Aku ingin berhenti malas-malasan agar meraih prestasi terbaik tahun ini"
3. Strategi belajar untuk kecerdasan logika matematika.
Adalah kecerdasan yang berhubungan dengan berfikir kritis, sistematis, logis, analisis dan tajam.
#Ada 5 strategi belajar untuk kecerdasan ini:
a. Teknik kuantifikasi. saat kamu belajar, fokuslah pada angka-angka dan logika. Bila gurumu menyuruh untuk membuat karangan jangan lupa masukkan data-data. Misalnya kamu seminggu kesekolah naik bis. seberapa persen kamu naik bis yang sama? berapa persen kamu kesal dengan kondektur bisnya? Dan lain-lain yang kamu suka.
b. Teknik klasifikasi. Pikiran logis dapat dirangsang melalui kemampuan menata informasi secara rasional. . Misalnya saat gurumu mengajar klasifikasikan hal-hal yang kamu anggap penting dengan konsep 5 W+ 1 H (who, what, when, where, why, dan how) tahu kan?.
c. Teknik pertanyaan sahabat. Biasakanlah membuat hipotesis-hipotesis atas proses belajar atau aktivitas yang kamnu lakukan, jadi ikutlah secara aktif terlibat memberi pertanyaan-pertanyaan  kecil yang mebuat logikamu berjalan.
d. Teknik Heuristik. Temukanlah suatu masalah dengan cara memilah-milah tiap masalah itu untuk menemukan point-point utamanya sehingga masalah yang ada cepat terselesaikan.
e. Penalaran ilmiah. Latihlah pikiranmu dengan penalaran-penalaran ilmiah. Misal dengan menjawab pertanyaan ini "Apa dampak WTC terhadap masyarakat indonesia?" Nah untuk mendukung penalaran ilmiahmu perbanyaklah membaca buku-buku yang terkait dengan sains, atau non fiksi atau ilmiah yang kamu sukai.
4. Strategi belajar untuk kecerdasan verbal linguistik
Adalah kecerdasan yang dimiliki karena memiliki kemampuan berkomunikasi dengan verbal maupun non verbal.
#Ada 5 strategi belajar utnuk kecerdasan ini:
a. Teknik bercerita. Buatlah daftar penting yang ingin kamu masukkan dalam unsur cerita, gunakan imajinasimu lakukan dengan teknik aliran air semakin banyak kelokan yang kamu buat akan semakin baik, berceritalah setelah kamu menemukan cerita-cerita seru, membaca buku atau dapat pengalaman tertentu yang menarik bagimu.
b. Curah gagasan. Dapat kamu praktikkan dikelas. saat gurumu meminta pendapatmu mengenai suatu masalah, jangan ragu, ungkapkanlah dan berbicaralah, apapun pendapatmu itu tidak penting yang penting proses untuk menjadi sang bintang itulah yang utama.
c. Merekam. kamu dapat merekam menggunakan media apasaja, dan putarlah ulang materi yang kamu dapat saat menjelang tidur atau saat berada didalam perjalanan/ bis.
d. Menulis jurnal. saat dirumah tulislah pengalamanmu satu hari penuh dengan detail, tulislah apa saja yang kamu suka, mulai dari ide-ide kecilmu hingga gagasan yang terus memutar-mutar diotakmu, lakukanlah dengan imajinasimu yang smart itu.
e. Komunikasikan diri. Semua hal yang kamu ketahui kemunikasikanlah dengan oranglain. Lakukanlah tanpa ada kesan egois atau kesombongan.
5. Strategi belajar untuk kecerdasan naturalis
Adalah kecerdasan yang berhubungan dengan alam
#Ada 5 strategi belajarnya:
a. Berjalan dialam terbuka. Sempatkanlah dirimu jalan-jalan dialam terbuka temukanlah ide-ide yang membuat dirimu bisa menarik kesimpulan dari alam yang kamu telusuri itu.
b. Melihat keluar jendela. Setiap kamu duduk dekat jendela dimana saja, amatilah yang ada diluar jendela sana dan anlisislah yang menurutmu baik.
c. Buat dekorasi tanaman. Tumbuhkanlah hobimu membuat hiasan-hiasan dekorasi unik dari tanaman-tanaman disekelilingmu, pelajarilah dan hubungkanlah dengan keadaan dirimu, dan tarik kesimpulan.
d. Memelihara hewan peliharaan. Coba kenali kebiasaan dan perilaku hewan peliharaanmu.dengan spesies terdekatnya.
e. Lakukan ekostudi. Belajar ipa atau biologi, dengan mengadakan tor ke suaka margasatwa, kebun raya atau kebun binatang.
6. Strategi belajar untuk kecerdasan visual spasial
Adalah kecerdasan yang berkaitan dengan gambar dan simbol-simbol.
Ada 2 strategi belajarnya:
a. Teknik Visualisasi. Setelah selesai membaca atau mendengarkan penjelasan guru atau dosen cobalah pejamkan mata dan bayangkanlah kembali apa yang telah kamu baca dan kamu dengar.
b. Penggunaan warna. Gunakan pena atau kertas yang berwarna saat kamu mencatat pelajaran yang disampaikan guru atau dosenmu.
7. Strategi belajar untuk kecerdasan   kinestetik
Adalah kecerdasan yang sangat berhubungan dengan kemampuan jasmani dan gerak tubuh seseorang.
Ada 4 strategi belajarnya.:
a. Teknik respon tubuh. Tanggapi dan pelajari respon tubuhmu dengan cepat misal saat mengacungkan jari saat kamu belum paham dengan apa yang disampaikan oleh gurumu.
b. Teater kelas. Lakukan peran-peran tertentu saat menghadapi pelajaran atau permasalahan sehari-hari. Misalnya mendramakan bandung lautan api.
c. Konsep kinestetis. Lakukan pantonim dan cobalah belajar menirukan gerakannya.
d. Hands-on thinking. Dalam pelajaran tematik lakukan distilmulasi dengan menggerakkan tubuhmu, atau saat sedang menghafal sesuatu kamu dapat belajar dengan ejaan kata atau kosa kata baru dengan cara membuat model dari tanah liat.
8. Strategi untuk kecerdasan musikal.
Adalah kecerdasan yang medominasi pada dunia entertainment, kemampuan seni dan berekspresi.
Ada 3 strateginya:
a. Mengembangkan irama. Kamu dapat mengidentifikasikan point-point utama materi yang kamu pelajari dengan mengemasnya dalam format yang indah berirama.
b. Diskografi. Buat daftar rekaman kumpulan musik seperti tape recorder, CD, atau yang lain yang dapat menjelaskan materi yang sedang kamu pelajari.
c. Musik super memori. Saat kamu mengalami kesulitan mengingat atau menghafal, cobalah lakukan sambil mendengarkan musik tertentu, lakukan dengan rileks, sambil berbaring, duduk, atau berjalan-jalan.
F. PEMBELAJARAN HATI
A. Menuju kecerdasan tanpa batas
Hati? ya itulah kuncinya. Ketajaman hati dapat terjadi apabila kamu sudah mendekati ilham kenabian. Itu dapat terjadi apabila senantiasa memurnikan diri dari syahwat dunia dan memusatkan diri pada Allah. Semakin bersih hati dari syahwat akan semakin dekat kamu dengan Allah. Akibatnya kamu akan semakin peka pada intuisi seperti itu. Semakin peka intuisi dan hatimu, semakin mudah memfungsikan god spot yang ada pada dirimu. Pada akhirnya kamu akan semakin mudah meraih kecerdasan tanpa batas. Dengan disiplin yang memadai, pikiran yang terarah, dan kebersihan hati siapapun dapat meraihnya. Ada 3 tanda ketajaman hati yang membedakan orang itu dengan orang lain:
1. Terbuka mukasyafah artinya ketika orang lain hanya dapat melihat atau merasakan sesuatu melalui mimpi, kamu dapat melihat atau merasakan pada saat kamu sadar dan terjaga.
2. Memiliki kekuatan kehendak yang tidak hanya untuk jiwa sendiri, tetapi juga di luar dirimu (orang lain).
3. Pengetahuan dapat diperoleh dengan intuisi.
B. Tujuh tugas pembelajar
Untuk mencapai ketajaman hati menuju kecerdasan tanpa batas, kamu hendaknya melakukan 7 aktifitas utama sebagai manusia pembelajar sejati, yaitu:
1. Dahulukan kebersihan jiwa.
2. Fokuskan hati pada pencapaian ilmu.
3. Kendalikan amarah dan kesombongan sebagai seorang pembelajar.
4. Hindarkan diri dari mendengar perselisihan-perselisihan diantara sesama manusia.
5. Jangan pernah menolak ilmu yang terpuji dan sebaiknya ditekuni sampai mengerti maksudnya.
6. Pusatkan diri pada ilmu yang hakiki.
7. Jadikan tujuan belajar sebagai penghias batin dengan sifat dan nama-nama Allah (asmaul husna) dengan derajat tertinggi diantara para malaikat muqarrabin (yang dekat dengan Allah).
#Desiran ilmu:
- Ilmu itu bukanlah sesuatu yang kamu baca sebanyak-banyaknya bacaan, ia adalah cahaya yang dimasukkan di dalam hati.
- Ilmu itu tidak memberikan sebagian , hingga engkau memberika seluruh milikmu.
- Ilmu itu enggan masuk kedalam fikiran dan hati orang yang sombong seperti banjir tidak dapat menjangkau tempat yang tinggi.
(Imam Al Ghazali)
Ilmu yang paling mulia (kecerdasan tanpa batas) adalah mengenai Allah . Ini adalah lautan yang tidak dijangkau dasarnya. Derajat manusia yang termulia adalah  tingkat para nabi dan para wali, selanjutnya adalah orang-orang yang berilmu.
C. Pembersihan dan Pensucian hati
Adl kemampuan mejaga hati dari perbuatan-perbuatan tercela yang mengakibatkan tertutupnya mata hati.
Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang membersihkan diri” (QS. Al A'la:14)
“Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang mensucikan jiwanya” (QS. Asy Syams:91)
Hiaslah hatimu dengan ahlak-ahlak yang mulia, akibatnya hati kamu akan berkilau layaknya seperti cermin yang mampu menembus kedalam dunia non panca indra.
Sebaiknya hilangkanlah akhlak-ahlak tercelamu dulu menurut imam Al Ghazali ada 10 akhlak tercela yang perlu kamu ubah, yaitu:
1. Nafsu Makan
Nafsu makan yang berlebihan merupakan penyebab dari segala kerakusan, maka itu harus diubah fren!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
Jadi salah satu pembersihan hati kamu adl dengan rasa lapar. Ada 7 rahasia lapar yang mendukung pembersihan dan pensucian hati menjadikan pribadi sempurna, yaitu:
a. Saat perutmu lapar, pikiran menjadi jernih, cemerlang dan konsentrasi. Kenyang berlebihan hanya mengakibatkan pikiran dan hatimu menjadi tumpul.
b. Dengan rasa lapar, hatimu lebih halus yang menyebabkan dapat merasakan lezatnya mujajat dan mudah tersentuh oleh dzikir dan ibadah.
c. Dengan rasa lapar jiwamu serasa mnjadi rendah sehingga akan menghilangkan perasaan sewenang-wenang dan egoismu.
d. Rasa lapar memberimu pelajaran, bagaimana rasanya siksaan lapar sehingga menyebabkan rasa takut akan siksaan akhirat.
e. Rasa lapar mengikis seluruh bentuk nafsu yang merupakan sumber kemaksiatan.
f. Dengan rasa lapar, badanmu terasa ringan untuk melakukan tahajud dan ibahad lainnya.
g. Dengan rasa lapar, hidupmu akan sahaja dan puas dengan nikmat Allah, walaupun sedikit harta.
2. Berbicara Kotor
Berbagai penyakit lisan yaitu dusta, menggunjing, berdebat, konfrontatif, bersenda gurau, pujian yang berlebihan.
a. Tentang Dusta
Hindarilah dusta, meski dalam hayalan ataupun bisikan jiwa sekalipun,karena kamu akan menjadi pembohong sejati, akibatnya rahasia alam malaikat (intuisi ketajaman hati) tidak terbuka saat kamu tidur.
"Sesungguhnya Rasulullah membolehkan dusta dalam tiga hal, yaitu pertama berdusta untuk mendamaikan dua orang yang bersengketa, kedua waktu perang dan ketiga dusta seorang suami pada istri demi kebaikan". (Al Ghazali dalam Ihya' ulumudin).
b. Tentang Menggunjing
Adala menyebut-persoalan persoalan orang lain yang tidak disukainya, sekalipun hal tersebut benar-benar terjadi pokoknya semua hal yang menyangkut orang yang digunjingnya itu.
Ada beberapa hal yang diperbolehkan untuk menggunjing:
- Saat kamu dizalimi dengan mengadukan ke penguasa atau pihak yang berwenang untuk minta perlindungan hukum.
- Berbicara atau minta pertolongan pada seseorag untuk mengubah kemungkaran.
- Mengadu kepada guru/ ahli agama, untuk memberikan penjelasaan suatu masalah yang terjadi.
- Saling mengingatkan sesama muslim atas kejahatan orang lain dan agar terhindar dari kejahatan serupa.
- Mengkritik kekurangan orang lain dan orang itu tidak marah saat di kritik.
c. Tentang Berdebat
Adalah menyanggah pembicaraan orang lain dengan mengutarakan kekurangannya baik yang bersifat nyata maupun tersembunyi. biasanya muncul saat kamu merasa lebih unggul daripada oranglain. Orang yang suka debat kusir memiliki potensi bersikap kotor dan membinasakan.
d. Tentang Bersenda Gurau
Bergurau yang melampaui batas akan dapat menimbulkan gelak tawa yang berlebihan akhirnya mematikan hati kamu, menimbulkan permusuhan, perselisihan, perpecahan dan menjatuhkan wibawa, atau harga diri seseorang.
e. Tentang Pujian
Bila ingin hatimu terjaga, pujilah orang lain dan terimalah pujian sebatasnya, jangan karena pujian kamu menjadi tinggi hati dan takabbur. pujian pada seseorang boleh dilakukan apabila terhindar dari unsur-unsur negatif.
3. Amarah
Amarah diibaratkan seperti nyala api neraka yang menjilat sampai kerelung hati. Orang yang tidak mampu menahan amarah sama seperti orang yang berperangai setan.
Ada beberapa cara melawan marah:
a. Menahan secara bertahap dengan latihan yang intensif.
b. Saat amarah mencapai klimaks, berdiam dirilah!
c. Sadarilah akan murka Allah.
d. Perbanyaklah membaca ta'awwudz.
e. Duduk atau berbaringlah.
f. Berwudhu, shalat, kemudian membaca Al Qur'an.
4. Kedengkian
Kedengkian timbulkan oleh perasaan sombong, permusuhan dan kikir sehingga tidak suka kepada seseorang yang mendapatkan nikmat Allah. Akan tetapi kalau iri dan ingin meniru seperti oranglain tanpa menginginkan hilangnya karunia Allah disebut munapasah (persaingan sehat) tidak dilarang oleh agama.
Ada beberapa cara melawan kedengkian:
a. Bangun kesadaran diri bahwa kedengkian hanya akan merugikan dirimu sendiri.
b. Petiklah hikmah bahwa kedengkian dapat menyebabkan perilaku menyimpang dari hukum / pidana.
c. Berperilakulah sewajarnya, jangan pamer yang akan mengundang kedengkian.
d. Saat ada yang dengki kepadamu tersenyumlah dan perlakukan dia dengan baik, kecuali nyawamu terancam, lawanlah kedengkian itu.
5. Bakhil dan Cinta Harta
Bakhil adalah penyakit hati kronis yang disebabkan cinta harta.
Untuk menjauhi penyakit bakhil lakukanlah hal-hal berikut:
-Kembangkan sikap kesadaran diri.
-Bila kamu tergiur pada harta jadikan semata-mata untuk gemar berinfak.
-Disiplinkan diri untuk gemar berinfak.
6. Ambisi dan Gila Harta
Hakikat tahta adalah penguasaan terhadap hati orang lain.
Untuk mencegah gila tahta lakukan beberapa hal berikut:
a. Saat kamu mendapatkan tahta apapun, jadikan allah sebagai tujuan yang hakiki.
b Luruskan motivasimu untuk mendapatkan tahta / jabatan dengan cara berikut:
- Pikirkan kenikmatan pada sisi pertama.
-Sadarilah bahwa pujian karena harta dan tahta hanyalah kesempurnaan yang semu.
-Kembangkan rasa syukur atas karunia Allah.
7. Cinta Dunia
Kamu tidak akan mencapai kebahagiaan akhirat,kecuali saat menghadap Allah dengan rasa cinta kepada-nya. Mahabbah atau cinta hanya bisa kita capai dengan dzikir.
Apapun isi kehidupan dunia itu hanyalah kehidupan yang semu kecuali ilmu pengetahuan, ma'rifat kepada Allah dan kebebasan. Ma'rifat dapat diraih dengan terus mencari dan berfikir, berfikir dapat dilakukan dengan menghindarkan diri dari penyakit-penyakit hati. Sebab cinta dan ma'rifat kepada Allah tidak akan pernah bersandar di hati seseorang apabila hati tersebut memiliki perasaan cinta kepada sesuatu selain Allah (cinta dunia).
8. Takabbur
Hakikat takabur adalah bila kamu merasa lebih sempurna dari orang lain.
Dalam ketakaburan ada tiga kotoran utama sebagai berikut:
-Takabur bertentangan dengan sifat-sifat Allah.
-Takabur membuat orang menolak kebenaran dan cenderung meremehkan oranglain.
-Takabur dapat menghalangi perilku mulia dan terpuji.
#Cara melawan takabur yaitu:
- Sadari kamu tercipta dari setetes air hina yang kelak menjadi bangkai yang terlalu rendah.
- Saat kamu akan melakukan kesombongan, katakanlah pada dirimu " Orang melakukan dosa lantaran kebodohannya. apakah lantas bagi saya yang berilmu (pelajar) melakukan suatu kebodohan?"
- Tawadhu'lah bila melihat orang yang berilmu.
- Lakukan kontemplasi bahwa keturunan kamu  yang kamu banggakan sebenarnya juga diciptakan dari setetes air hina.
- Takabur karena harta, rupa, dan tahta merupakan kebodohan yang melencengkan jati diri.
9. Takjub Diri
Hakikat takjub diri adalah merasa diri serba berkecukupan, berbangga hati atas nikmat yang ada dan lupa kelak akan sirna. Sadarilah itu semua hanyalah kebodohan sejati. Mujahadahnya adalah dengan ilmu. sebab semua muncul karena Allah.
10. Riya'
Hakikat riya adalah mencari kedudukan di hati manusia lain dengan cara memperlihatkan aktifitas ibadah dan amal kebaikannya.
#Riya' dapt terjadi melalui berbagai cara:
- Lewat anggota badan, menampakkan hitamnya jidatmu biar kelihatan ahli ibadah.
- Lewat gaya penampilan, mencukur kumis, menundukkan kepala saat berjalan biardikira, orang yang punya wawasan luas.
- Lewat pakaian, memakai baju koko atau kopiah biar dinilai orang yang taat beribadah.
- Lewat kata-kata, berkata-kata indah,puitis, halus, mengutip hadis, tau yang lainnnya biar dinilai orang memiliki keihlasan dan kejujuran.
- Melalui amal, memperlihatkan shalat yang khusuk, banyak bersedekah, dll padahal hatinya tidak seperti itu.
- Karena banyak teman dan pengikut, menyebut banyak orang besar yang dikenal agar dikira memiliki teman-teman yang hebat dan luas pergaulannya.
#Cara menghindari riya' yaitu:
- Mujahadah melawan cinta pujian.
- Ikrarkan pada dirimu bahwa mencari ridho manusia tidak akan habisnya.
- Ingatlah caci maki manusia tidak akan membahayakan dirimu kecuali azab Allah.
- Beribadahlah dengan menyamarkan perbuatan dari pandangan dan pujian orang lain.
D. Suara Hati dan Energi Spiritual
Suara kebenaran bersumber dari suara hati, seperti pada firman Allah:
"Kemudian ia memberinya bentuk dengan perbandingan ukuran yang baik, dan meniupkan kedalam roh ciptaan-Nya. Ia jadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan, dan perasaan hati".(QS. As Sajdah : 9).
Suara kebenaran terhimpun dalam 99 sifat Allah (Asmaul husna). Apabila telah sangat menyatu dengan suara hati yang berupa larangan, peringatan, keinginan, dan bimbingan maka akan menjadi sumber puncak kecerdasan manusia tanpa batas.
Tarik napas dalam-dalam, pejamkan mata, sedikit condongkan kekiri atas. Saat kamu merasa tenang mulailah dengarkan suara hatimu. Suara hati adalah bisikan hati nurani yang  tidak bertentangan dengan nilai-nilai dan prinsip-prinsip hakiki asmaul husna.
Energi spiritual adalah kekuatan atau dorongan yang datang dari hati sanubari yang sudah tersucikan dari nafsu dan amarah. Suara hati yang disertai dengan energi spiritual akan melahirkan kepribadian illahi.
Langkah awal untuk mendapatkan suara hati adalah dengan membersihkan hati, apabila hatimu terbebas dari hawa nafsu dan amarah, dengan sendirinya akan membawamu kembali ke pada fitrah-nya yang merupakan pusat ilahiyah.
Suara hati adalah pusat bisikan kebenaran dan cenderung pada perbuatan baik. Apabila berniat jahat hati nuraninya akan melarangnya melakukan perbuatan tersebut. Jika suara hati tidak diindahkan maka nafsulah yang akan menjadi rajanya. Pasukan hati akan kalah dan sifat-sifat tercela akan muncul di hatimu.
#Cara menmukan suara hati:
- Apabila dihadapkan pada masalah , segera kembalikan pada hatimu, biarkan semua terucapkan dalam hati, dengarlah hal-hal yang sesuai dengan prinsip-prinsip asmaul husna tidak bertentangan dengan nilai-nilai hakiki.
-Dengan mempraktikkan visualisasi imajinatif. lakukan dengan tahapan yang benar, saat kamu memasukigelomabng alfa temukan suara hatimu.
- Saat kamu berdzikir dan beristighfar akan muncul suara hati secara tiba-tiba dengarkanlah!
E. Amalan-Amalan Lahiriah
a. Dzikrullah
Dzikir adalah amalan lahiriah yang paling utama. Dengan dzikir kamu akan mampu mengendalikan diri dan melakukan pembersihan hati secara terus menerus.
b. Shalat
Ada 3 perkara yang dapat dilakukan untuk mejaga sholat:
- Senantiasa jaga kesucianmu dalam hal wudhu.
- Hendaknya menjaga sunnah-sunnah sholat dan amal-amal lahiriah yang meilputi dzikir dan tasbih.
- Hendaknya menjaga ruh shalat, seperti keihlasan, khusu', dan kesadaran hati terhadap makna bacaannya.
c. Sakat dan Shadakah
Orang yang menafkahkan hartanya di jalan allah serupa dengan  sebutir benih yang menumbukah tujuh bulir pada tiap bulir seratus biji.
Manusia terbagi menjadi 3 tingkatan:
-Tingkatan orang-orang yang mampu, ia membelanjakan semua hartanya di jalan Allah.
-Tingkatan orang-orang pertengahan, orang yang mampu dan hanya membelanjakan sebagian hartanya di jalan Allah.
-Tingkatan orang-orang yang lemah, tidak mampu menunaikan kewajiban zakat.
d. Puasa
 #Tingginya nilai amalan puasa tergantung pada dua hal pemahaman sebgai berikut:
- Puasa mengandung ajaran pencegahan diri yang merupakan amal rahasia yang hanya diketahui oleg Allah.
-Puasa merupakan upaya efektif untuk menundukkan setan sebagai musuh Allah.
# Tingkatan orang yang berpuasa dibagi menjadi 3 yaitu:
-Berpuasa hanya sekedar menahan perut dari rasa lapar, tetapi belum mampu menahan anggota tubuh yang lain dari perbuatan yang membatalkan.
-Berpuasa mencegah panca indra dari suatu perbuatan dosa.
-Puasa mengendalikan hati agar tidak dicampuri dengan urusan lain, semata berdzikir kepada allah.
e. Amalan-Amalan Harian
#Lakukan amalan sehat dibawah ini:
-Lakukan bangun malam secara tertib (tahajud).
-Setiap selesai shalat jangan lupa berdzikir dan jangan lupa berdoa.
-Lakukan aktivitas muhasabah / refleksi diri, lafazkan selalu asmaul husna untuk mendapatkan energi spiritual.
-Olahraga secar rutin baik fisik maupun non fisik.
-Lakukan puasa sunah senin dan kamis atau puasa sunah yang lainnya.
-Biasakan melakukan khalilullah (alfa state) dengan tidur 15 menit menjelang dzuhur.
-Makan dengan proporsi 1/3 makanan, 2/3 air, dan 1/3 udara
-Lakukan aktifitas yang berpengaruh bagi jasmani maupun rohanimu.
-Biasakan tidur lebih cepat dan tidur lebih awal.
-Lafazkan selalu dzikir fatimah (subhanallah, walhamdulilah, wala ilah haillallah, Allahuakbar) setiap menjelang tidur.
#Dan coba lakukan amalan-amalan paket sehari-hari dibawah ini:
-Shalat lima waktu berjamaah, shalat-shalat sunnah beserta dzikir, shalat tahajud, dan sholat duha.
-Membaca istighfar kurang lebih 100 kali setiap hari.
-Membaca ikrar syahadat-ain kurang lebih 100 kali setiap hari.
-Membaca sholawat nabi kurang lebih 100 kali setiap hari.
-Membaca surat al-ihlas setiah hari minimal 3 kali.
-Membaca Al quran dan memperbanyak doa.
-Memperbanyak dzikir yang disunahkan.
G. BERUBAHLAH SEKARANG
Selamat menjalani hari esok.
Ingatlah kembali kata-kata bijak yang sering diucapkan, mendengar itu lupa, melihat itu ingat, dan mengerjakan itu paham, ingatlah kamu adalah pemain, dan bukan  penonton, kamulah yang menentukan sat kamu mendengar, melihat atau mengerjakan berubah atau tidak kamu yang menentukan.
A. Mempraktikkan pumping student dengan 4 hal utama
a. Berubah secara fisik
Adalah sesuatu yang perlu kamu lakukan buka yang kamu inginkan.
#Kembangkan kebiasaan berikut untuk mendukung perubahan fisikmu:
1. Bangun pagi, rencanakan segala sesuatu, dan jangan tidur lagi setelah shalat subuh  (ibadah pagi).
2. Lakukan olahraga secara rutin.
3. Kembangkan keterampilan fisik tertentu / hobi.
4. Tersenyumlah kepada setiap orang yang kamu jumpai dan sapalah mereka dengan lembut.
5. Istirahatlah dengan cukup.
6. Makan saat lapar dan berhenti sebelum merasa kekenyangan.
7. Ciptakan gaya hidup yang mendukung kesehatan dan penampilan fisik serta tidak melanggar prinsip-prinsip dan nilai.
b. Berubah secara emosi
#Untuk mendukung perubahan  emosi coba kamu kembangkan kebiasaan baru sebagai berikut:
1. Perbaiki dan rawatlah hubungan dengan guru, orang tua, dan teman dalam koridor positif.
2. Bangun hubungan baru dengan 1 atau 2 orang sahabat baru setiap minggunya.
3. Bersikap terbuka terhadap lingkungan rumah atau sekolah dan oranglain.
4. Ciptakan lingkaran pengaruh sebesar mungkin.
5. Belajarlah dalam suasanan terkendali dan peka secara emosi.
6. Pelajari keterampilan berempati dan kepekaan emosi.
7. Hargai selalu perbedaan dengan tetap menebarkan kebahagaiaan.
c. Berubah secara mental
#Kembangkan kebiasaan baru untuk mendukung perubahan mental sebagai berikut:
1. Membaca buku dan menulis secara kreatif.
2. Memecahkan teka-teki atau puzzle menyenangkan yang berfungsi sebagai problem solving.
3. Mengembangkan hobi tertentu yang memberi suasana rileks.
4. Menulis puisi, lagu, atau kata-kata mutiara.
5. Membangun kerjasama proaktif dan lingkaran pengaru yang positif.
6. Belajar mandiri, dan melanjutkan studi yang memberikan hal-hal baru dan tantangan yang lebih.
d. Berubah secara spritual.
#Kembangkan kebiasaan baru sebagai berikut:
1. Tinjau ulang, temukan, ciptakan visi, misi hidup pribadi.
2. Perhatikan dengarkan, dan amati tanda-tanda alam.
3. Pelajarai karya-keraya sastra agung, hargai musik, hargai seni.
4. Lakukan kegiatan ritual, meditasi, atau kegiatan keagamaan.
5. Tumbuhkan kebiasaan hidup sebagai pribadi prestatif.
B. Lahir kembali dihari senin
Kemauan berubah  membutuhkan tindakan nyata dalam kehidupan sehari-hari seperti berikut:
- Apabila kamu jarang tersenyum, mulailah tersenyum setiap bertemu dengan siapapun seperti guru, dosen, pasangan, teman sekelas, saingan, maupun teman kelas lain.
- Lihatlah keluasan dunia ini. dunia menyediakan SDA bagi kesejahteraan ummat. Syukuri, gali, rawat dan berhematlah agar dapat diwariskan pada generasi berikutnya.
- Bila kamu emosional dan cepat stres, istirahatlah sejenak dan kembangkan sikap senantiasa bersikap positif.
- Hiduplah secara tertib, beribadah, berolahraga dan berusaha untuk jujur.
a. Lahir kembali
1. Senin dan Selasa
Jadikan hari ini adalal hari terbaik untukk berubah secara fisik.
-Bangun lebih cepat, ria, dan senang dengan aktifitas yang akan dihadapi.
-Pergi ke sekolah atau kampus dengan hati riang, langkah mantap, jangan lupa baca basmalah, dan beristighfar sepanjang perjalanan.
-Sapalah setiap orang yang kamu kenal dan tersenyumlah kepada orang yang menatapmu.
-Masuk gerbang sekolah atau kampus dengan doa dan manfaatkan hari ini sebaik mungkin.
2. Rabu
Jadikan hari ini adalah hari terbaik berubah secara emosi.
-Sebelum tidur lakukan refleksi aktifitasmu pada hari sebelumnya.
-Maafkanlah kesalahan teman-temanmu yang disengaja ataupun tidak.
-Persiapkan kebutuhan belajar esok hari. Kerjakan PR atau tugas belajarmu.
-Dekati guru yang tidak menyukai atau sering marah padamu.
-Jalin persahabatn, setidaknya 1 atau 2 orang , bisa teman, guru, dosen, atau siswa disekolah atau kampusmu yang belum kamu kenal.
-Ingatlah marah-marah itu jalannya seta. jadi jauhilah!
-Beraktifitaslah dengan eyakinan dan harapan memndapat ridho Allah.
3. Kamis
Jadikan hari ini adl hari terbaik berubah secara mental:
-Sebelum tidur lakukan refleksi aktivitas kamu pada hari selanjutnya.
-Maafkanlah dirimu atas kesalahan-kesalahan yang telah kamu lakukan. Niatkan untuk memperbaiki dan berpikirlah positif.
-Tenangkanlah dirimu. Jadikan dirimu sebagai problem solving, dan bersikaplah sebagai pemenang.
-Pikirkan rencana studi yang akan membawa perubahan yang kamu inginkan dimasa mendatang.
-Lakukan hobimu sebagai kesenangn yang bermanfaat buat masa depanmu, seperti menulis, masuk teater, atau basket.
4. Jum'at
Jadikan hari ini hari terbaik berubah secara spiritual:
-Temukan aktivitas-aktivitas atau ibadah ritual yang memberikan keseimbangan bagi hidupmu.
-Lakukan muhasabah dan refleksikan mengenai kekurangan diri, bertobatlah, dan beristighfarlah.
-Temukan keyakinan, pola pikir sikap dan perilakumu sesuai dengan nilai-nilai spiritualmu.
-Belajar, bekerja dan beribadahlah secara seimbang.
5. Sabtu
Lakukan aktivitas yang memperkuat perubahan fisik, emosi, mental dan spiritualmu dalam berbagai aktifitas.
6. Minggu
-Berlibur atau jalin silaturohmi dengan teman, kerabat, atau keluarga jauhmu.
-Lakukan relaksasi
-Lakukan visualisasi Imajnatif
b. Perbaiki dirimu terus menerus
Adalah cara belajar dengan memutar daur hal-hal diatas untuk menumbuhkan kebiasaan sosok pribadi kaya.
c. Introspeksi diri
Jika kamu setiap saat merenung selalu muncul rasa kurang percaya diri karena selalu dibayangi hal-hal negatif, mulai saat ini kamu jangan bersedih karena Allah akan menutupi kelemahanmu dan mengangkat kelebihanmu. Allah bersama orang-orang yang yakin akan hidup dan masa depannya.
Kata mutiara:
- Singkirkan kebodohan,raih kecerdasan dengan belajar dan bekerja keras. Sadarilah kebodohan itu merupakan kematian jiwa, terbunuhnya kehidupan, dan membusuknya umur.
-Ilmu adalah cahaya bagi nurani, kehidupan bagi ruh, dan bahan bakar bagi tabiat perilaku.
-Bila kamu ingin selalu bahagia, tuntulah ilmu. Galilah pengetahuan dan raihlah pelbagai manfaat, niscaya semua kesedihan, kepedihan, dan kecemasan hari ini dan masa depan akan sirna .
(Aid al Qarni dalam kitab La Tahzan)
www.pumpingindonesia.com

  1. salam sahabat ehm postingannya bagus banget menberikan informasi yang akurat..oh iya dah saya folow anda follow saya belum...links menyusul yach...
    eh pakai readmore biar rapi mas muhsin

     
  2. yups.... thanks u balik yeah uda ngaci koment..... hehehehe

     

Posting Komentar

eits jangan di close dulu, tinggalin pesan dung buat aku...!!!!

Blogger Template New Plus Blue

Designed by : Edo Pranata XML Coded by : Edo Pranata