Cara Membuat Proposal

Diposting oleh chairil muhsin laskar senja
Kamis, 18 Februari 2010


Hem hari gini nggak bisa buat proposal?Apa kata dunia?. Dunia semakin diperketat oleh persaingan kerja. Di pelbagai belahan dunia khususnya negara-negara berkembang seperti di indonesia membutuhkan daya cakap dan daya saing yang tinggi. Salah satunya yaitu setiap pelamar di wajibkan dengan membuat proposal yang akurat, efektif dan beredukasi tinggi. Nah bagi kamu-kamu nih yang sedang ngerjain tugas kuliah ataupun tugas Bahasa Indonesia di sekolah-sekolah, disini aku akan memosting sebuah "Cara Membuat Proposal" Biar lebih mudah simak yuk tiap katanya.
Proposal adalah sebuah tulisan yang dibuat oleh si penulis yang bertujuan untuk menjabarkan atau menjelasan sebuah tujuan kepada si pembaca (individu atau perusahaan) sehingga mereka memperoleh pemahaman mengenai tujuan tersebut lebih mendetail.
Adapun Yang Perlu di Persiapkan Untuk Merancang Sebuah Proposal Yaitu:
1. Pendahuluan
    Pendahuluan berisi tentang hal-hal apa saja yang menyangkut tema kegiatan, seperti latar belakang masalah sampai dengan penjelasan sedetail-detailnya tentang perwakilan suatu kalimat dengan suatu tujuan proposal itu sendiri.
2. Tema Kegiatan
    Pilihlah tema yang sesuai dengan isi pendahuluan, agar pelaksanaannya sesuai dengan apa yang di harapkan.
3. Tujuan
    Apa tujuan dari pembuatan proposal ini, jika penting tulislah tujuan-tujuan itu sedetail-detailnya, agar pembaca lebih mudah memahami apa yang anda maksudkan dari pebuatan proposal itu.
4. Dasar Pelaksanaan
    Awal di buatnya Proposal ini karena apa, dan mengapa perlu di buat dasar-dasar pelaksanaannya.
5. Bentuk Kegiatan
    Apa bentuk kegiatannya, dan carilah kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan susunan awal pembuatan. Dan di harapkan juga bentuk kegiatan ini mampu menjadikan motifasi bagi yang mengikutinya.
6. Waktu dan Tempat
    Dimana tempat pelatihan dilaksanakan dan kapan Waktunya. Waktu tidak terbatas, tergantung berapa lama acara itu dilakukan dan  dilaksanakan sesuai rencana.
7. Anggaran
    Semua kegiatan itu butuh dana, persiapkan dana secukupnya dan jangan sampai dana yang ada jadi simpang siur, karena ini demi kelancaran acara yang telah dipersiapkan.
8. Penutup
   Sebagai ucapan terimakasih kepada penerima proposal, karena telah mau menerima dan memahami isi proposal tersebut.

Lihatlah Contoh Proposal Sebuah Kegiatan Dibawah Ini !!!!!!!!!

PROPOSAL

Membangun Ekonomi Bersama Wirausahawan Sejati

1. Pendahuluan
   Dunia kian berubah, pasang surut ekonomi di Indonesia sangat dipacu oleh daya kerja cerdas anak-anak bangsa. Dalam setahun lulusan sarjana semakin marak, tak tanggung-tanggung perusahaan-perusahaan terbesarpun mulai memperketat peluang masuk dunia kerja. Berbagai hal telah dilakukan oleh perusahaan demi mengimbangi stok sarjana yang terus membanjiri perusahaan di tiap tahunnya, dengan semakin diperketatnya masuk dunia kerja, peluang-peluang yang adapun jadi minim harga, akibatnya banyak sekali lulusan sarjana ini menganggur dan anehnya bukan mencoba untuk mencari solusi , tapi diam takut tak bereaksi karena gengsi. Itulah kenapa para wirausahawan dalam negeri pertumbuhannya hanya sekian persen daripada luar negeri yang tiap tahun terus tumbuh seiring berjalannya sang waktu. Di negeri maju Wirausahawan merupakan suatu keharusan dan bukan barang baru lagi, sebaliknya di Indonesia masih berupa wacana dan itupun sulit sekali di terapkan dalan kehidupan. Oleh karena itulah keadaan ini harus segera di ubah, semakin banyak wirausahawan di negeri ini semakin meningkatlah perekonomian kita dimasa depan. itulah yang diharapkan. Dan Perlu diketahui pola pikir masyarakat kita harus segera diubah, jangan sampai kesempatan emas ini disia-siakan tanpa ada tindakan yang matang.
2. Tema Kegiatan
     Berani Bicara Berani Berwirausaha
3. Tujuan
     Membidik generasi bangsa untuk
     1). Bermental kuat  dan berani menciptakan peluang usaha.
     2). Melatih kedisiplinan agar waktu yang tersedia tidak hilang dengan percuma untuk hura-hura.
     3). Berfikir realistis bahwa dunia kerja harus kita ciptakan bukan sebaliknya.
4. Dasar Pelaksanaan
    Banyak sekali dari lulusan-lulusan sarjana baik dalam negeri maupun dari luar negeri ataupun SMA/SMK barangkali yang masih menganggur dan tidak punya penghasilan tetap. Rata-rata dari mereka belum siap memasuki dunia kerja dan di tambah pula dengan minimnya kreatifitas yang membuat mereka tak punya semangat dan motifasi untuk mencari jalan keluar dari permasalahan yang menghimpitnya.
5. Bentuk Kegiatan
    Memberikan pelatihan-pelatihan keterampilan khusus, agar mereka punya gambaran dalam berwirausaha. Kemudian, mengadakan seminar sehari bersama wirausahawan terkenal yang sudah mencapai titik keberhasilah sehari setelah masa pelatihan, dengan tujuan agar mental menjadi siap dan kuat menghadapi persaingan yang begitu kuat.
6. Waktu Dan Tempat
     A). Waktu:  - 3 Bulan (Masa Pelatihan)
                        - 1 Hari   (Masa Seminar Pemantapan)
     B). Tempat: - Balai Pemberdayaan Masyarakat
                        - aula RS. Mitra Bangsa Persada
7. Anggaran
    Biaya yang dibutuhkan sekitar Rp.5.000.000,00 termasuk penyewaan gedung dan fasilitas-fasilitas para pembimbing dan pengisi seminar.
8. Penutup
    Demikian proposal ini kami susun. Besar harapan kami proposal ini dapat diterima dan dilaksanakan

  1. Thanks, Makasih, jazaakumullaah khayran.
    http://bintsudirja-center.blogspot.com/

     
  2. yups sama-2

     
  3. Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

     

Posting Komentar

eits jangan di close dulu, tinggalin pesan dung buat aku...!!!!

Blogger Template New Plus Blue

Designed by : Edo Pranata XML Coded by : Edo Pranata